Tutorial Install Ubuntu Server

Tampilan awal Language pilih “English”,seperti gambar di atas ini:






 
 Selanjutnya pilih “Install Ubuntu Server” dan tekan ENTER di keyboard,seperti gambar di atas ini:.
 Country, pilih “United States” dan tekan ENTER di keyboard, seperti gambar di atas ini:

 Detect Keyboard Layout?, pilih “No”, dan tekan ENTER di keyboard,seperti gambar di atas ini:
 Country of origin for the keyboard: pilih “English (US)”, seperti gambar di atas ini :
 Keyboard layout: pilih “English (US)” , seperti gambar di atas ini:
 Hostname: isi nama missal “Ubuntu” seperti gambar di atas ini:
 Select your time zone: pilih “Select from worldwide list” dan pilih “Jakarta(untuk waktu sesuaikan dengan daerah zona waktu anda), seperti gambar di atas ini:





 Partition method: pilih “Manual” , seperti gambar di bawah ini:
 Partisi Swap 1.0 GB
           Root 7.6 GB
seperti gambar di atas ini:


 Selanjutnya pengguna akan dihadapkah pada proses pemberian user dan password. Untuk yang pertama dilakukan adalah pemberian nama lengkap dari pengguna yang akan menggunakan sistem. Pada tutorial ini saya memasukkan nama saya yaitu Ubuntu Selanjutnya memasukkan user yang akan digunakan sebagai user login.

Masukan password yang anda inginkan
misal nya :123
 Pilih yes
 Kemudian Ubuntu Server menanyakan apakah pengguna ingin melakukan enskripsi terhadap home direcorty pengguna
 Karena saya tidak memakai HTTP Proxy
 saya lanjut pilih continue
 Proses berikutnya Ubuntu Server akan menanyakan apakah pengguna ingin melakukan pembaharuan otomatis menggunakan internet atau tidak. Pada tutorial ini saya memilih No automatic update karena saya merasa tidak perlu melakukannya.
 Tahap berikutnya adalah memilih peragkat lunak
 apa saja yang ingin dipasangkan di Ubuntu Server.
 pilih continue untuk melanjutkannya

 Setelah proses instalasi perangkat lunak selesai, pengguna akan kembali dihadapkan pada pilihan apakah pengguna ingin melakukan instalasi GRUB boot loader. Pada tutorial ini saya memilih Yes.
Setelah Grub Loader selesai diinstal, maka itu menandakan bahwa instalasi Ubuntu Server sudah selesai dilakukan. Selain itu ditandakan juga dengan munculnya tampilan baru Finish the installation. Pilih Continue, maka komputer akan melakukan restart,